Selasa, 03 Oktober 2017

Laporan Praktikum Jaringan Komputer


A.     Sharing File Peer to Peer (PC-PC)

Berikut adalah langkah-langkah untuk sharing file dari PC-PC  dengan kabel UTP :

1.      Menghubungkan kedua PC dengan kabel UTP
2.      Melakukan pengaturan IP pada kedua PC dengan Control Panel à Network and Internet à network and Sharing Center à Change Adapter Setting
3.      Lalu mengklik kanan pada Local Area Connection à Properties à pilih Internet Protocol Versio n 4 (TCP/Ipv4) à Properties.
4.      Ganti setting IP jadi Use the Following IP Adress
192.168.1.3      untuk PC 1
192.168.1.4              untuk PC 2
5.      Memastikan kedua PC yang akan digunakan untuk sharing data sudah terhubung dengan melakukan PING.

Melakukan Ping dari PC1 ke PC2 dan sebaliknya



6.      Membuat folder baru pada computer
7.      Mengklik kanan pada folder yang telah dibuat, lalu pilih Share with à Spesific People. Hasilnya akan muncul tampilan seperti ini.

8.      Mengklik pada drowdown atas lalu pilih Everyone à Add , untuk membuat koneksi sharing file sehingga tampilan menjadi seperti ini.

9.      Folder berhasil di share
10.  Membuka Network, Pilih kirobin, maka terdapat folder yang telah dishare dan user lain (yang terhubung)  dapat melihat folder itu juga seperti gambar berikut.

B.     Sharing File PC-Switch-PC (Manual/DHCP)
1.    Menghubungkan kedua PC dengan Switch
2.    Melakukan pengaturan IP menjadi Internet Protocol versi 4 (TCP/Ipv4) à Obtain an IP address automatically.
3.    Membuka Network, maka akan ditampilkan jaringan yang terdekat. Sehingga kita bisa berbagi file dengan user dengan PC yang terhubung dengan Switch yang sama.

C.Kesimpulan
Sharing data adalah salah satu cara untuk mengirimkan data atau informasi kepada user lainnya menggunakan media transmisi seperti kabel LAN, fasilitas DHCP, Wifi, dan lainnya. Sharing data ini dapat dilakukan secara manual maupun secara otomatis. Secara manual,data dikirimkan menggunakan kabel LAN, serta harus mengetahui alamat IP user yang akan dituju.Sedangkan secara otomatis dilakukan dengan  cara terhubung dalam switch atau hub yang sama sehingga antar user dapat terhubung dengan banyak koneksi PC dalam sebuah jaringan yang telah dibuat.

0 komentar:

Posting Komentar