Selasa, 03 Oktober 2017

Teknik Pengkodean

1. Nonreturn To Zero (NRZ)  
Nonreturn to Zero Level (NRZ-L) adalah suatu kode dimana tegangan negatif digunakan untuk mewakili suatu binary dan tegangan positif digunakan untuk mewakili binary lainnya.


                   Gambar 1.1
Nonreturn to Zero Inverted (NRZ-I) adalah suatu kode dimana suatu proses transisi (low ke high atau high ke low) pada awal suatu bit time akan dikenal sebagai binary ‘1’ untuk bit time tersebut; tidak ada transisi berarti binary ‘0’.

2. Multilevel Binary


                    Gambar 1.2

Bipolar AMI adalah sebuah kode dimana binary ‘0’ diwakili dengan tidak adanya line  sinyal dan binary ‘1’ diwakili oleh suatu pulsa positif atau negatif yang menggunakan lebih dari dua level sinyal.
Pseudoternary yaitu sebuah kode dimana binary ‘1’ diwakili oleh ketiadaan line  sinyal dan binary ‘0’ diwakili oleh pergantian pulsa-pulsa positif dan negatif.

3. BIPHASE

                   Gambar 1.3
Manchester Code adalah sebuah kode dimana terdapat sebuah transisi pada setengah dari periode. Tiap bit : transisi low – high mewakili “1” dan high – low mewakili “0”.
Differential Manchester adalah sebuah kode dimana binary “0” diwakilkan oleh adanya transisi pada awal periode suatu bit dan binary “1” diwakili oleh ketiadaan transisi di awal periode suatu bit.

4. Modulation rate 

                  Gambar 1.4
Modulation rate adalah kecepatan dimana elemen-elemen sinyal terbentuk.
Salah satu cara menyatakan modulation rate yaitu dengan menentukan rata-rata jumlah transisi yang terjadi per bit time.

5. Teknik scrambling

               Gambar 1.5
Merupakan Serangkaian level tegangan yang tetap pada line yang digantikan dengan serangkaian pengisi yang akan melengkapi transisi yang cukup untuk clock receiver untuk mempertahankan synchronisasi.

6. Bipolar with 8 Zeros Substitution (B8ZS)
                Gambar 1.6
Oktaf dari 0 muncul dan pulsa voltase terakhir positif maka dihasilkan 8 nol oktaf yang ditandai dengan 000+-0-+
Oktaf dari nol muncul dan pulsa voltase terakhir negatif maka dihasilkan 8 nol oktaf yang ditandai dengan 000-+0+-

 7. High-density bipolar-3 zeros (HDB3 )

                Gambar 1.7
Merupakan Sebuah kode yang menggantikan string-string dari  4 nol dengan rangkaian yang mengandung satu atau dua pulsa yang disebut kode violation. Jika violation yang terakhir bernilai positif maka violation ini pasti negatif dan sebaliknya.



0 komentar:

Posting Komentar